Tips Memilih Hosting untuk Website

Buat kalian yang sudah sempat membaca thread saya di Twitter terkait tips memilih hosting untuk website, mungkin udah punya sedikit insight tentang bagaimana cara memilih hosting yang baik untuk website.

Pada artikel ini saya akan coba menjabarkan hal terkait pemilihan hosting dengan lebih dalam lagi. Seperti hal-hal apa saja sih yang harus diperhatikan sebelum memutuskan menggunakan sebuah penyedia layanan hosting.

Karena ketika kita menggunakan sebuah layanan hosting bisa sampai hitungan tahun, yuk simak tips memilih hosting untuk website berikut ini agar tidak salah dalam memilih penyedia layanan hosting.

Sebelum memulai tips ini, kita berkenalan dulu dengan jenis-jenis hosting yang ada di pasaran. Berikut adalah jenis-jenis hosting yang ada di pasaran, antara lain:

  • Free web hosting
  • Shared hosting
  • Dedicated hosting
  • Colocation hosting
  • Cloud hosting
  • Self-service hosting
  • VPS hosting

Mungkin kalau melihat dari jenis-jenis hosting yang ada di atas, Free web hosting akan kelihatan yang paling menarik karena gratis.

Tapi percaya deh, berdasarkan pengalaman, jenis hosting gratis seperti itu malah bikin kita mengeluarkan “uang lebih” nantinya.

Jadi lebih baik kita langsung menyewa hosting berbayar yang umumnya digunakan untuk website sekarang ini.

Yang saya maksud hosting yang umumnya digunakan website adalah shared hosting atau sering disebut sebagai personal hosting.

Jadi pada artikel ini saya mau share tips tentang memilih shared hosting untuk website.

Buat kalian yang ingin tahu tentang Tips Memilih Domain untuk Website bisa baca disini, ya!


Tips Memilih Shared Hosting untuk Website

Dalam memilih penyedia layanan shared hosting yang baik untuk website yang akan kita bangun, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.

Berikut adalah beberapa hal tersebut:

Fitur Hosting

Dalam memilih hosting, biasanya penyedia layanan hosting akan menginformasikan kita tentang fitur-fitur yang ada pada hosting tersebut. Tentunya terkadang ada perbedaan bergantung pada paket yang kita ambil.

Perbedaan yang umum tergantung paket adalah kapasitas hosting, bandwidth hosting, add on domain dan sejenisnya. Namun, ada beberapa fitur yang pasti sama paket apapun yang akan kita ambil.

Fitur yang pasti sama entah paket apapun yang akan kita ambil seperti:

  • cPanel
  • versi PHP terkini
  • Softaculous
  • File Manager
  • versi MySQL database terkini
  • dan sebagainya.

Poin-poin di atas adalah yang WAJIB kita pastikan ada pada fitur hosting yang akan kita gunakan. Karena untuk pemula, cPanel dan Softaculous akan sangat membantu.

Kecepatan Hosting

Selain fitur, kecepatan hosting juga menjadi hal yang sangat penting sebagai bahan pertimbangan.

Umumnya, penyedia layanan hosting di Indonesia akan menawarkan kepada kita dua jenis pilihan hosting. Yaitu, hosting USA dan hosting IIX / ID.

“Terus bedanya dimana?” 

Beda antara hosting USA dan hosting IIX / ID adalah lokasi dimana server hosting tersebut berada. Jika USA, maka jelas bahwa server tersebut berlokasi di wilayah Amerika Serikat. Jika IIX / ID, hosting tersebut berada di wilayah Indonesia.

IIX sendiri adalah singkatan dari Indonesia Internet Exchange.

Perbedaan lokasi letak server tersebut bisa berdampak besar terhadap website kita. Karena jika server kita berada di luar negri, maka akses kita ke server / website tersebut akan lebih lambat dibandingkan jika server kita berada di Indonesia.

Hal ini mungkin tidak akan terlalu terlihat jika kita mencoba mengakses website kita dengan internet yang kecepatannya bagus, tapi akan sangat terasa jika kualitas koneksi internet kita sedang buruk.

Hal paling akurat untuk mengetahui kecepatan server hosting kita, adalah melakukan ping ke server tersebut, namun biasanya kita bisa menanyakan kepada pihak hosting berapa kecepatan rata-rata ping ke server hosting yang mereka tawarkan.

Catatan untuk ping

Semakin kecil angka ping akan semakin bagus. Biasanya ping diukur dengan satuan ms (mili second).

Contoh: jika ping yang dihasilkan 6ms, maka lebih bagus daripada 30ms.

Menkerucuti hal terkait kecepatan hosting kita adalah hal yang penting. Karena kita harus memikirkan sisi para pengguna yang akan mengakses website kita.

Jika website kita ditujukan untuk orang di wilayah Indonesia, maka ada baiknya kita memilih hosting dengan server IIX / ID agar akses pengguna lebih cepat.

Sebagai informasi tambahan, kecepatan koneksi internet di Indonesia masih sangat beragam dan masih banyak yang bisa dikatakan buruk. Tergantung wilayah dimana mereka berada.

Selain itu, kecepatan website sekarang menjadi salah satu faktor ranking pada Google. Jika kecepatan website kita buruk, maka kita harus menerima konsekuensi peringkat website kita pada mesin pencari juga akan buruk.

Umumnya rata-rata pengguna akan pergi dari website kita jika dalam waktu 5 detik tidak terbuka atau ter-load secara penuh.

Jadi mempertimbangkan kecepatan hosting / website menjadi hal yang krusial untuk kita.

Ilustrasi Tips Memilih Hosting untuk Website
Ilustrasi Tips Memilih Hosting untuk Website

Backup Hosting

Pertimbangan lain dalam memilih hosting adalah fitur backup yang disediakan hosting tersebut. Fitur ini biasa disebut auto backup.

Terkadang fitur ini tidak ditampilkan pada daftar fitur layanan hosting tersebut, jadi kita harus menanyakan lebih lanjut.

Walaupun tertulis pada fitur layanan, kita harus menanyakan jenis backup yang mereka sediakan agar kita tahu secara teliti.

Apakah backup akan mereka lakukan setiap hari, setiap minggu atau setiap bulan?

Hal ini harus kita ketahui sehingga mempunyai rentang waktu untuk terus memeriksa website kita secara berkala.

Dengan mengetahui hal ini, jika sesuatu terjadi pada website kita, kita dapat mengetahui ke tanggal berapa website kita dapat di-restore.

Bantuan Hosting

Bantuan hosting yang dimaksud disini adalah tentang bagaimana respon hosting terhadap tiket bantuan yang kita berikan. Apakah lambat ataupun cepat?

Karena bisa saja dikemudian hari kita membutuhkan respon yang sangat cepat dari sebuah hosting jika ada masalah-masalah serius yang terjadi pada website kita, seperti di-hack dan sebagainya.

Biasanya kita akan sulit mengetahui tentang seberapa cepat atau lambat respon hosting terhadap tiket bantuan yang kita ajukan sebelum kita menggunakan layanan mereka.

Ada baiknya kita membaca reviewreview terlebih dahulu tentang penyedia layanan hosting yang akan kita gunakan, atau juga rekomendasi dari orang-orang yang pernah menggunakan penyedia layanan hosting tersebut.

Hal Penting Lain

Hal-hal penting lain yang perlu kita pertimbangkan sebelum menggunakan hosting pada sebuah penyedia layanan hosting ada beberapa hal, yaitu:

Waspadai hosting yang memberikan fitur unlimited kapasitas ataupun bandwidth dengan harga murah, karena seringkali kita tidak diberi pemahaman bahwa unlimited disini artinya sebuah kerenggangan, bukan artinya tidak terbatas.

Jika sebuah shared hosting memberikan fitur unlimited, hal ini akan menjadi janggal, karena yang perlu kita ketahui shared hosting merupakan sebuah hosting yang dibagi-bagi kepada beberapa penyewa (shared) bukan khusus untuk kita sendiri.

Jadi ketika ada hosting yang meng-klaim memberikan layanan unlimited, biasanya yang dimaksud adalah kerenggangan.

Jadi jika ada kapasitas atau bandwidth yang belum digunakan pada sebuah hosting oleh salah satu penyewa, maka penyewa lain dapat mempergunakannya.

Hal ini akan menjadi masalah jika tiba-tiba semua penyewa ingin menggunakan bagian yang lebih. Jadi lebih baik memilih paket kapasitas dan bandwidth yang angkanya sudah jelas ditentukan diawal.

Selain hal ini, kita juga harus memastikan websitewebsite yang berada pada jaringan shared hosting tersebut tidak melanggar aturan yang ada, seperti bukan website judi, seks, sara dan sebagainya.

Hal ini bisa kita lihat dari aturan yang pihak hosting buat untuk para pelanggan mereka.

Karena jika pada jaringan shared hosting ada websitewebsite tersebut, maka kemungkinan besar hosting yang kita tempati kurang aman, karena websitewebsite tersebut cenderung seringkali “diserang” oleh pihak lain dan sebagainya.

Walaupun yang “diserang” adalah websitewebsite mereka, namun kita akan terkena dampaknya karena berada dalam satu jaringan shared hosting tersebut.

Serangan yang umumnya melumpuhkan sebuah hosting adalah DDOS. Namun kemungkinan terjadinya sangatlah kecil. Walaupun begitu tetap harus kita waspadai.

Pelajari selengkapnya tentang DDOS disini.

Itulah hal-hal yang bisa saya share terkait tips memilih hosting untuk website kita.

Jika teman-teman ada tambahan lain, silahkan tambahkan dikomentar, ya!


Artikel ini merupakan penulisan ulang dari thread saya di Twitter ini.


Rekomendasi hosting: Dracoola Multimedia

Sumber gambar ilustrasi: Freepik.com & Pexels.com

9 Balasan untuk “Tips Memilih Hosting untuk Website”

  1. Milih hosting ini ternyata ‘tricky’ juga ya mas
    Kemarin tergoda ‘nama besar’ dan hosting di IIX. akhirnya sewa setahun dengan harga yang sedap

    eh ternyata beberapa kali web gak bisa diakses. Ping malah bisa 30-50

    sementara blog iseng yang di hosting luar (singapura kalau ndak salah), bisa kena ping 9-15 aja
    🙁

    btw kalau boleh tanya, satu hosting dipakai untuk beberapa blog (add on domain) apakah cukup direkomendasikan?

    terima kasih
    🙂

    1. Iya betul agak “tricky”. hahaha.

      Hmmm.. Tergantung kapasitas dan memory-nya sih. Kalo terbatas lebih baik jangan. Karena nanti performanya jadi terpengaruh.

      Sama-sama ya. 😀

  2. Halo salam kenal, saya mau tanya terkait hosting. Saat ini saya hanya membeli domain .com tanpa sewa hosting dan menggunakan jasa wordpress yang bisa men-direct blog lama saya (menggunakan wordpress.com) ke domain baru. Kalau saya sewa hosting dengan domain baru yang sama, apakah layanan wordpress yang saya pakai itu masih berguna? Maksudnya bagaimana dengan statistik postingan lama apakah mulai dari awal atau bisa keikut juga?

    Terima kasih sebelumnya, tertarik sewa hosting karena baca baca blognya

    1. Halo, jadi maksudnya sebelumnya menggunakan WordPress.com dan menggunakan domain sendiri ya?

      Dan tertarik untuk menggunakan WordPress.org?

      Jika domain sama dan dipindahkan dengan baik (pengaturan sama, URL dan sebagainya) secara statistik akan mulai dari 0, tetapi pengunjung sebelumnya masih bisa ikut pindah ke yang baru karena URL sama. 😀

  3. Nyamperin di webnya karena ternyata lebih lengkap.
    tanya ya.. kalo boleh tau apakah web ini dibuat menggunakan jenis hosting yang mana? terus, pake rekomendasi hostingannya juga kah? hehehe

    lagi, untuk status website secure (https) apakah didapatkan dari hosting yang kita pilih?

    1. Hai.

      Web ini digunakan menggunakan shared hosting. Iya pake rekomendasi hostingnya di atas. hehe.

      Iya, kebetulan https ini (SSL) dapat gratis dari pihak hosting, kita hanya perlu install plugin SSL aja untuk mengaktifkan (jika WordPress).

Apa Komentar Kamu Tentang Tulisan Ini?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.