Cara Bikin Website Untuk Pemula

Kadang membuat website masih sering dianggap sulit oleh banyak orang. Kali ini saya akan coba share cara termudah untuk membuat website. Cara bikin website yang saya tulis di sini, bisa kalian lakukan dengan mudah.

Setelah menyusun beberapa artikel tambahan untuk artikel ini, akhirnya saya bisa share artikel utamanya, yaitu cara bikin website untuk pengguna super pemula ini.

Untuk kalian para pemula yang ingin membuat website tapi bingung untuk memulai dari mana, artikel ini bisa menjadi panduan untuk langkah awal kalian.

Yuk kita mulai!

Cara Bikin Website Untuk Pemula

Sebelum memulai membuat website, ada beberapa dasar yang harus kita tahu terlebih dahulu.

Website itu terdiri dari 3 pokok utama:

  • Domain (alamat website kita, contoh fbajri.com)
  • Hosting (tempat dimana filefile website, database, email dan sebagainya berada)
  • Website dan kontennya.

Untuk analogi yang paling sederhana untuk sebuah website adalah domain sebagai alamat dimana rumah kita berada, hosting sebagai tanah rumah kita dibangun, sementara website dan konten ibaratnya adalah rumah itu sendiri dan segala isi di dalamnya. 

Sebelum mulai membuat website pada artikel ini, kita harus memiliki domain dan hosting terlebih dahulu. Pada dua artikel di bawah ini, saya sempat share tentang tips memilih domain dan hosting yang saya sarankan kalian baca terlebih dahulu:

Pada dua artikel di atas saya menjelaskan secara detail tentang bagaimana memilih domain dan hosting yang baik untuk website kita, terutama untuk pemula yang baru ingin mulai membuat website.

Sebagai informasi singkat soal biaya yang diperlukan, untuk pembuatan website dengan alamat website .com dan juga hosting dengan kapasitas 200 MB, kalian akan dikenakan kurang lebih Rp. 230.000,- / tahun.

Sebagai tips tambahan, saya sangat menyarankan untuk membeli / menyewa domain dan juga hosting pada penyedia layanan yang sama agar mempermudah pengelolaannya.

Setelah membaca dua artikel di atas dan sudah menyelesaikan proses administrasi dari domain dan hosting (yang menggunakan cPanel dan mempunyai fitur Softaculous), kita lanjut ke langkah selanjutnya di bawah ini.

Cara Meng-install Software Website dengan Softaculous

Setelah proses administrasi dari domain dan hosting selesai, biasanya kita akan mendapatkan email yang berisi URL akses ke cPanel website kita beserta username dan juga password-nya.

Silahkan klik URL tersebut dan login menggunakan username dan password default yang diberikan si penyedia layanan hosting ini.

Catatan: Silahkan mengganti password default dari penyedia layanan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ya!

Login ke cPanel

Login ke cPanel - Cara Bikin Website Untuk Pemula
Login ke cPanel – Cara Bikin Website Untuk Pemula

Setelah login ke cPanel, kalian akan melihat tampilan seperti gambar di atas.

Pada dasarnya di dalam cPanel ini ada semua hal terkait website seperti file website, database website, pengaturan email, statistik website (standar) dan banyak hal lainnya disini.

Kalian juga bisa melihat sisa kapasitas pada hosting kalian pada bagian ‘Disk Usage‘ dan sisa Bandwidth bulanan kalian.

cPanel / Panel website apapun bentuknya, merupakan tempat penting terkait segala hal menyangkut website, oleh karena itu kita harus teliti menggunakannya.

Hal-hal kecil yang remehpun bisa berakibat fatal, contohnya pada ‘File Manager‘, jika kita tidak sengaja “drag and drop” suatu folder, website kita bisa jadi tidak berjalan degan lancar.

Bagi kalian yang belum tahu, website itu terdiri dari sekian banyak file dan folder. Setiap file berisi kode pemograman tertentu.

Tapi tenang, cara yang saya ajarin disini karena untuk pemula, kita tidak masuk ke soal kode terlebih dahulu. Kita mulai dari cara paling gampang. 

Install WordPress lewat Softaculous

Pada cara membuat website kali ini, saya akan share bagaimana cara membuat website WordPress.

Alasan saya memilih WordPress pada artikel ini, karena WordPress yang paling mudah digunakan untuk pemula dan juga bisa menjadi beragam jenis website seperti personal website, company profile, portfolio, e-commerce, bahkan sebuah forum.

Cara pada artikel ini merupakan langkah awal kalian untuk membuat website menggunakan software WordPress sebagai personal website, yang nantinya bisa kalian bentuk lagi menjadi company profile, portfolio dan sebagainya sesuai kebutuhan kalian.

Kedepannya, saya juga akan coba share cara membuat company profile, portfolio, e-commerce bahkan sebuah forum. Tapi secara bertahap.

Membuat jenis website apapun (dengan WordPress), langkah pada artikel ini tetap harus kalian lakukan terlebih dahulu.

Buat yang bingung “Kenapa WordPress di-install, bukannya sudah ada yang gratis ya?”

Bisa baca di artikel ini: Perbedaan Mendasar WordPress.com vs WordPress.org

Kita lanjut….

Install WordPress lewat Softaculous - Cara Bikin Website Untuk Pemula
Install WordPress lewat Softaculous – Cara Bikin Website Untuk Pemula

Masih pada halaman utama cPanel tadi, kalian bisa scroll untuk mencari tampilan seperti pada gambar di atas. Kemudian klik ‘Blogs‘ sesuai arah panah pada gambar di atas.

Alasan kenapa saya tidak langsung mengarahkan kalian untuk meng-klik ikon WordPress untuk meng-install karena saya mau sedikit mengenalkan ke kalian apa saja yang ada dalam Softaculous ini.

Softaculous - Cara Bikin Website Untuk Pemula
Softaculous – Cara Bikin Website Untuk Pemula

Setelah klik ‘Blogs‘ tadi kalian akan melihat tampilan seperti gambar di atas ini, yaitu beberapa pilihan software website yang dapat di-install menjadi website kalian.

Pada menu samping dari halaman Softaculous ini, kalian bisa melihat banyak kategori software-software website. Dari mulai Blogs hingga Frameworks.

Banyak software website populer yang dapat kita install hanya dengan beberapa klik saja.

Tips memilih software website dari saya adalah, jika pemula, gunakan yang populer karena pasti banyak yang menggunakan, sehingga ketika ada permasalahan kita mudah untuk mencari solusinya.

Kalian bisa melihat-lihat software website apa saja yang terdapat di dalam Softaculous ini dengan klik masing-masing kategori.

Setelah selesai melihat-lihat kita lanjut dengan klik ikon WordPress pada kategori ‘Blogs’ tadi.

Install WordPress - Cara Bikin Website Untuk Pemula
Install WordPress – Cara Bikin Website Untuk Pemula

Setelah klik ikon WordPress tadi, kalian akan melihat tampilan seperti gambar di atas.

Pada tampilan ini kita bisa melihat fitur, demo dan sebagainya. Untuk memulai instalasi WordPress, klik tombol ‘Install Now‘ seperti arah panah pada gambar di atas.

Kalian akan melihat semacam form untuk dipilih dan di isi seperti gambar di bawah ini

Form Install WordPress A - Cara Bikin Website Untuk Pemula
Form Install WordPress A – Cara Bikin Website Untuk Pemula

Pada bagian ini bagian ‘Choose Protocol‘ dan ‘Choose Domain‘ bisa kalian biarkan secara default, tidak perlu dirubah.

‘Choose Protocol’ bisa kalian pilih ketika kalian ingin menggunakan www. atau HTTPS jika pada hosting kalian sudah diberikan sertifikat SSL (Secure Socket Layer) untuk website kalian.

Tetapi kalian bisa biarkan secara default karena nantinya jika instalasi mengaktifkan SSL pada WordPress, protokol kalian akan otomatis berubah tanpa harus mengaktifkannya lewat instalasi ini.

‘Choose Domain’ kalian bisa pilih jika instalasi ini dilakukan untuk sub-domain website kalian. Contoh sub-domain adalah blog.fbajri.com tulisan ‘blog’ di depan alamat website utama disebut sub-domain dari website tersebut.

Sub-domain biasa digunakan untuk website perusahaan untuk memisahkan beberapa “anak website” seperti blog, store dan lain sebagainya.

Untuk pemula saya sarankan tidak perlu menggunakan sub-domain terlebih dahulu. Oleh karena itu dua ‘Choose Protocol’ dan ‘Choose Domain’ bisa dibiarkan secara default.

Bagian ‘In Directory‘ adalah di folder apa kita ingin website kita di install. Kebiasaan yang sering saya lakukan adalah dikosongkan. Agar website ter-install pada folder utama website yaitu public_html.

Seringkali jika kita menambahkan folder contohnya folder ‘wp’, maka website kalian diakses dengan alamat, contoh seperti ini fbajri.com/wp/ tidak hanya fbajri.com saja.

Jadi lebih baik saya sarankan kosongkan bagian ‘In Directory’.

Selanjutnya pada bagian bawah masih pada form yang sama kalian melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.

Form Install WordPress B - Cara Bikin Website Untuk Pemula
Form Install WordPress B – Cara Bikin Website Untuk Pemula

Pada bagian ‘Site Settings‘ kalian bisa mengisi judul dari website kalian dan deskripsi singkat website kalian.

Jika belum terpikirkan kalian bisa biarkan default seperti gambar di atas, karena nanti kita bisa mengubahnya lagi setelah website ter-install.

Pada bagian ‘Admin Account‘ kita bisa mengisi username dan password untuk website kita.

Username dan password ini haruslah unik karena digunakan untuk mengakses Dashboard WordPress kita nanti, tempat kita mengatur berbagai macam hal, termasuk konten website kita.

Jangan lupa untuk mengisi bagian ‘Admin Email‘ dengan alamat email yang kita miliki. Bisa menggunakan email dari website kita seperti gambar di atas atau bisa juga dengan alamat email Gmail, Yahoo dan lain sebagainya.

Pada bagian ‘Choose Language‘ kita bisa memilih ingin meng-install website kita dengan bahasa apa.

Untuk bagian ini saya sarankan jika tulisannya berbahasa Indonesia, kita bisa memilih bahasa Indonesia, karena akan bermanfaat untuk website kita pada mesin pencari (Google, Bing, dsb).

Tapi jika masih bingung bisa dibiarkan secara default karena sewaktu-waktu kita bisa menggantinya setelah website ter-install nanti.

Form Install WordPress C - Cara Bikin Website Untuk Pemula
Form Install WordPress C – Cara Bikin Website Untuk Pemula

Bagian lain pada form ini bisa kita abaikan termasuk ‘Select Theme’ agar bagi kalian yang pemula bisa explore terlebih dahulu tema-tema bawaan dari WordPress yang juga menarik.

Setelah itu scroll ke bagian paling bawah dari form tadi dan klik tombol ‘Install‘.

Tunggu proses instalasi berjalan, kemudian SELESAI! Website pertama kalian telah jadi!

Setelah proses instalasi tadi, kalian akan melihat URL untuk mengakses Dashboard WordPress tersebut yang berakhiran /wp-admin/.

Pada URL itulah yang nanti kalian gunakan untuk login masuk ke Dashboard WordPress kalian untuk mengatur konten dan sebagainya.

Sebagai pengaturan dasar dari website WordPress ini, kalian bisa baca artikel ini: Pengaturan Dasar WordPress.org

Jangan lupa untuk membaca ini juga ya sebelum menentukan tema apa yang akan kalian gunakan sebagai tampilan website: Tips Penting dalam Memilih Tema WordPress

Untuk permulaan, kalian juga bisa meng-install plugin Jetpack. Pembahasan  fitur dai plugin Jetpack ini, secara lengkap bisa dibaca pada artikel: Kupas Fitur: Jetpack untuk WordPress

Untuk kalian yang sebelumnya menggunakan layanan blog gratis, berikut adalah tutorial untuk memindahkan konten / pos kalian dari blog tersebut:

Untuk kalian yang ingin mempunyai website company profile, portfolio, e-commerce dan lainnya, kalian bisa memulai dari langkah cara bikin website ini sebagai pengenalan fitur WordPress.

Tapi untuk kalian yang memang tujuannya untuk nge-blog, maka personal website kalian telah berhasil dibuat.

Kedepan, saya akan melengkapi hal-hal terkait WordPress ini sebagai pelengkap mulai dari tingkat pemula sampai profesional.

Tunggu ya!

Sambungan:


Artikel ini dibuat berdasarkan thread yang pernah saya buat di Twitter ini dengan penulisan lebih baik dan penjabaran lebih detail.


Jika ada pertanyaan atau apresiasi untuk tulisan ini, silahkan komentar di bawah ya!

Terima kasih

Sumber gambar utama: pexels.com

6 Balasan untuk “Cara Bikin Website Untuk Pemula”

  1. Runtut sekali mulai dari benar2 awal untuk memulai sebuah website dan tentunya sangat mudah dipahami.. thanks mas.. semoga makin semangat menulis 🙂

Apa Komentar Kamu Tentang Tulisan Ini?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.