6 Plugin Wajib WordPress (GRATIS)



Bagi kamu yang memiliki website atau blog dengan software WordPress, pada tulisan ini saya ingin membagikan beberapa plugin wajib untuk WordPress.

WordPress memang software web yang menyenangkan. Hal ini karena struktur WordPress yang didesain sedemikian rupa agar kita dapat menambahkan fitur-fitur tertentu yang mungkin dibutuhkan oleh web kita menggunakan plugin.

Sepertinya jika kita mengembangkan website WordPress dengan plugin, batasan-batasannya seakan tidak pernah habis. Dengan plugin WordPress kita dapat meningkatkan performa website, SEO, melihat statistik, menambahkan fitur toko online dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak plugin yang ada, ada beberapa plugin yang saya kategorikan “wajib” digunakan oleh semua web yang menggunakan WordPress. Entah itu blog pribadi, web perusahaan, web toko online atau lainnya, plugin-plugin ini tetap dapat dipergunakan.

Apa saja sih plugin tersebut? Lalu apa kegunaan masing-masing plugin? Yuk simak! ツ


Berikut adalah beberapa plugin yang menurut saya wajib untuk kamu gunakan pada web berbasis WordPress yang kamu miliki, antara lain:

1. Autoptimize

Logo Plugin WP Optimize - Plugin Wajib WordPress
Logo Plugin Autoptimize

Plugin Autoptimize adalah plugin yang menurut saya cukup lengkap untuk meningkatkan performa website. Fungsi plugin ini adalah mengkompres file-file CSS, Javascript dan HTML yang ada pada website kamu. Dengan dikompressnya file-file tersebut maka ukurannya akan menjadi lebih kecil, sehingga lebih cepat dimuat pada browser pengunjung.

Selain itu plugin ini juga memiliki fitur cache website. Dengan begitu website kamu akan di-cache dengan baik pada server. Sehingga ketika ada pengunjung yang membuka web kamu, mereka akan disajikan versi cache dari web kamu yang pastinya lebih cepat daripada versi aslinya.

Fitur-fitur menarik lain dari plugin ini adalah meng-nonaktifkan emoji bawaan, font Google dan juga lazy load images.

Fitur lazy load images adalah fitur dimana ketika ada pengunjung yang membuka suatu halaman pada web kamu yang memiliki banyak gambar, mereka tidak akan men-download gambarnya sekaligus. Namun gambar tersebut baru akan ter-load ketika pengunjung scroll pada bagian tersebut.

Untuk download plugin Autoptimize kamu bisa mengunjungi halaman ini: Download Autoptimize


2. WP-Optimize

Logo Plugin WP Optimize - Plugin Wajib WordPress
Logo Plugin WP Optimize

WP-Optimize adalah plugin yang memiliki beberapa fungsi yang tidak kalah menarik. Dengan plugin ini kamu bisa membersihkan database WordPress kamu dan juga mengkompres gambar-gambar yang kamu upload.

Database WordPress yang terlalu padat juga dapat melambatkan website kita. Sementara gambar-gambar yang langsung kita upload tanpa dikompres lebih memberatkan pengunjung karena waktu muat yang lama. Oleh karena itu dua fitur ini melengkapi fitur-fitur plugin Autoptimize tadi.

WP-Optimize juga memiliki fitur cache website. Sehingga kamu dapat memilih ingin menggunakan fitur cache dari plugin yang mana.

Untuk men-download plugin WP-Optimize kamu bisa mengunjungi halaman ini: Download WP-Optimize


3. Really Simple SSL

Logo Plugin Really Simple SSL
Logo Plugin Really Simple SSL

Seperti yang mungkin kamu ketahui bahwa SSL (Secure Sockets Layer) sekarang ini “diwajibkan” untuk website. Dengan mengaktifkan SSL website, kamu mengubah protokol akses ke web kamu dari http:// menjadi https:// yang memberikan keamanan lebih baik bagi pengunjung.

Jika web kamu belum mengaktifkan SSL, maka pada beberapa browser seperti Google Chrome, maka website kamu akan ditandai sebagai “Not Secure” atau “Tidak Aman“. Tentunya hal ini tidak baik untuk website, karena memberikan kesan yang buruk pada pengunjung. Selain itu hal ini juga tidak baik bagi visibilitas web kamu pada search engine seperti Google, Bing dan lainnya.

Menggunakan plugin Really Simple SSL kamu dapat mengaktifkan SSL pada website kamu dengan sangat mudah. Cukup install dan aktifkan maka protokol akses website kamu akan otomatis berubah. Namun pastikan dulu hosting yang kamu gunakan sudah memberikan SSL Gratis, karena jika tidak kamu harus membelinya terlebih dahulu.

Hosting yang saya sarankan dan memberikan fitur SSL Gratis adalah Bluehost dan Hostinger.

Untuk men-download plugin Really Simple SSL kamu bisa mengunjungi halaman ini: Download Really Simple SSL


Redirection – Plugin Wajib WordPress

4. Plugin Redirection adalah plugin yang berguna untuk me-redirect URL pada website kamu pada halaman yang lain. Ketika halaman itu dihapus ataupun hilang. Sehingga pengunjung tidak menemukan halaman 404 pada website kamu. Terlebih ketika URL tersebut sudah terindeks oleh Google.

Halaman 404 adalah halaman yang menandakan halaman yang diakses pengunjung dari URL tidak ditemukan..

Selain itu dengan plugin ini kamu bisa mengetahui URL apa saja yang mengarahkan pengunjung ke halaman 404. Dari laporan 404 tersebut, kamu dapat mengarahkan URL-URL ke arah yang benar.

Untuk men-download plugin Redirection kamu bisa mengunjungi halaman ini: Download Redirection


5. WPS Hide Login

Logo Plugin WPS Hide Login
Logo Plugin WPS Hide Login

Fungsi plugin WPS Hide Login cukup sederhana, yaitu mengubah akses login WordPress default yaitu /wp-admin/ atau /login/ menjadi sesuai yang kita inginkan.

Hal ini penting untuk menghindari hacker ataupun orang iseng yang ingin mencoba membobol website kita. Namun pastikan setelah mengubahnya kamu mencatat URL login yang baru.

Untuk men-download plugin WPS Hide Login kamu bisa mengunjungi halaman ini: Download WPS Hide Login


6. Yoast SEO – Plugin Wajib WordPress

Yoast SEO - Plugin Wajib WordPress
Logo Plugin Yoast SEO

Visibilitas website kita pada mesin pencari seperti Google, Bing dan lainnya sangatlah penting. Hal ini karena akan meningkatkan jumlah kunjungan organik ke website kita lewat search engine.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu teknik mengoptimalkan website agar dapat tayang lebih baik pada mesin pencari / search engine.

Dengan menggunakan plugin ini kamu dapat menyesuaikan meta tags pada tiap halaman atau pos. Seperti mengatur judul apa yang ingin kamu tampilkan pada pencarian Google, deskripsi apa yang ingin kamu tampilkan dan juga menentukan jenis pos apa saja yang kamu ingin tayangkan pada mesin pencari.

Selain itu kamu dapat merapihkan struktur website kamu seperti meng-generated sitemap.xml yang berisi halaman dan pos apa saja yang ada pada website kamu.

Yoast juga melengkapi plugin ini dengan fitur-fitur yang mendukung website kamu agar tampil lebih baik pada search engine. Seperti structured data, menghubungkan website ke Google Search Console, Profile Website dan lainnya.

Untuk men-download plugin Yoast SEO kamu bisa mengunjungi halaman ini: Download Yoast SEO.


Nah, itulah plugin-plugin yang menurut saya pribadi “wajib” kamu gunakan untuk website WordPress milikmu. Tentunya plugin-plugin yang saya sebutkan memiliki alternatif lain.

Oh ya, kamu juga bisa mendapatkan tips untuk memilih tema WordPress pada tulisan saya disini.

Jika kamu memiliki rekomendasi plugin lain, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ya! ^^



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *