Cara Membuat Website untuk Instagram — Linktree



Pada tulisan ini saya akan membahas tentang bagaimana membuat website untuk Instagram, yaitu Linktree.

Banyaknya platform sekarang ini terkadang membuat bingung untuk memilih platform apa saja yang akan kita gunakan untuk mendistribusikan konten yang kita buat. Karena memilih medium distribusi konten menjadi pilihan penting untuk para content creator.

Mulai dari website, sosial media, blog dan media lainnya yang tersedia, terkadang malah membuat kita sulit memilih. Apalagi jika belum memiliki tim yang bisa membantu akan hal ini.

Sekarang ini banyak content creator yang menggunakan instagram sebagai medium utama mereka untuk mendistribusikan konten, walaupun tidak jarang sebagian dari mereka juga memiliki medium yang lain.

Hal ini mungkin dikarenakan Instagram salah satu sosial media dengan pengguna yang sangat tinggi ditambah fitur-fitur yang disediakan sangat mendukung content creator.

Sebagai informasi, pengguna aktif bulanan Instagram pada 2019 ini adalah 1 miliyar pengguna dengan rata-rata 500 juta Story yang di-post setiap hari.

Dengan sebegitu banyaknya pengguna Instagram, banyak pihak yang terdorong untuk menyediakan fasilitas pihak ketiga sebagai pelengkap Instagram. Hal ini karena pengguna Instagram merupakan pasar yang besar dan juga kompetitif.

Beberapa hari yang lalu saya menemukan sebuah tools yang bisa membuat website untuk Instagram. Dengan penggunaan yang mudah, pengaturan yang mudah, saya tertarik untuk membagikannya.

Selain itu website jenis ini tidak perlu di-update karena ketika kita meng-update Instagram milik kita, maka otomatis konten dari website tersebut ter-update. Menarik kan?

Berikut adalah cara membuat website untuk Instagram — Linktree

1. Buka website linktr.ee

Homepage Linktree

Pada langkah pertama, kamu bisa membuka website linktr.ee. Di tampilan muka website ini kamu bisa melihat preview dari tampilan website yang menggunakan linktr.ee yang sering kamu lihat pada profil user Instagram.

Kemudian di bagian atas kamu juga bisa melihat fitur-fitur yang tersedia ataupun blog resmi dari linktr.ee.

Setelah melihat-lihat, klik tombol ‘Get Started For Free untuk memulai.

Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi form untuk melanjutkan.

2. Mengisi Form Pendaftaran linktr.ee

Form Pendaftaran Linktree

Pada langkah berikutnya kamu akan diminta untuk mengisi beberapa detail untuk pendaftaran.

Hal-hal seperti email, username dan juga password. Pastikan kamu memilih username yang cocok untuk kamu dan mencatat username serta password yang akan digunakan ya!

Jika kamu sudah selesai, klik tombol ‘Register‘ untuk melanjutkan.

3. Mengisi Nama dan Memilih Kategori linktr.ee

Memasukan Nama dan Memilih Kategori Linktree

Pada langkah selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukan nama dan memilih topik yang berhubungan denganmu.

Setelah selesai klik tombol ‘Save details’ pada bagian bawah.

4. Memasukan Link pada Linktree

Setelah melewati ketiga langkah tadi, saat ini kamu sudah bisa mengelola linktree kamu. Pada langkah keempat ini kamu bisa memasukan link yang ingin kamu tambahkan pada profil linktr.ee kamu.

Untuk URL Linktree kamu letaknya ada pada bagian kanan atas ya.

Contohnya seperti pada gambar di bawah yang bertuliskan https://linktr.ee/fbajri

Menambahan Link pada Linktree

Pada bagian ini kamu dapat menambahkan link dengan mudah. Cukup klik ‘Add New Link’ dan kamu akan melihat tampilan seperti pada gambar di bawah ini.

Mengatur dan Menambahkan  Link pada Linktree
Mengatur Link pada Linktree

Pada bagian kanan layar, kamu dapat melihat preview profil linktr.ee kamu ketika nantinya dikunjungi orang.

Kamu dapat memasukan banyak link yang berhubungan denganmu disini. Contohnya seperti link website, Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok dan masih banyak lagi. Kamu dapat memasukan link sesukanya pada profil Linktree ini.

Jika kamu telah menambahkan link, pastikan tombol switch pada link tersebut berwarna hijau ya. Yang tandanya link tersebut tampil.

Namun jika kamu ingin menyembunyikan link tersebut dari profil kamu, kamu cukup mematikan link tersebut untuk sementara.

5. Mengatur Tampilan dan Avatar Linktree

Profil website untuk Instagram Linktree
Memilih Tema dan Menambahkan Avatar pada Linktree

Pada langkah selanjutnya yaitu bagian Appearance, disini kamu dapat memilih tema yang ingin kamu gunakan untuk profil kamu.

Disini kamu juga dapat mengunggah avatar untuk ditampilkan pada profil linktr.ee kamu.

Beberapa tampilan memang terkunci dan baru dapat digunakan jika kamu meng-upgrade status keanggotaan kamu menjadi Pro. Namun untuk pertama kali, mungkin kamu tidak perlu melakukannya.


Nah, setelah kamu selesai mengatur tampilan pada profil Linktree kamu, kamu dapat mulai membagikan link profil tersebut kemana saja. Contohnya meletakan link tersebut pada bagian bio website Instagram.

Link menuju profil Linktree kamu dapat kamu lihat pada bagian kanan atas yang bertuliskan My Linktree: https://linktr.ee/usernamekamu

Sekian tulisan cara membuat website untuk Instagram ini saya buat.

Selamat mencoba. ༼ つ ◕_◕ ༽つ


Untuk belajar tentang cara membuat website profesional, kamu dapat membaca tulisan ini.

Kamu juga bisa membaca tulisan lain tentang cara pembuatan website pada halaman indeks website ini.

Terima kasih telah membaca. Sampai ketemu lagi pada tulisan saya yang lainnya ya! ^^




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

UNLIMITED DOWNLOADS: 50+ Million Social Media Graphics & Design Assets

All the Social Media Graphics you need and many other design elements, are available for a monthly subscription by subscribing to Envato Elements. The subscription costs $16.50 per month and gives you unlimited access to a massive and growing library of over 50 million items that can be downloaded as often as you need (stock photos too)!