Cara Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitas

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitas

Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitas – Dengan kebutuhan digital kita sekarang ini, terkadang kita perlu untuk mengecilkan ukuran foto sebelum kita upload pada website atau sosial media. Selain pertimbangan kecepatan upload, mengecilkan atau mengkompresi ukuran foto juga dapat menghemat kapasitas hosting website yang kita miliki.

Biasanya untuk melakukan ini kita memerlukan aplikasi seperti Photoshop dan sejenisnya. Namun sekarang ini kita dapat melakukannya secara online menggunakan website Optimizilla – Online Image Compressor. Pada website ini kita dapat mengecilkan gambar tanpa mengurangi kualitasnya dengan mudah.

Optimizilla - Online Image Compressor.
Optimizilla – Online Image Compressor.

Setelah membuka website di atas kamu bisa mengklik tombol ‘UPLOAD FILES’ seperti yang saya tandai pada gambar di bawah ini:

Cara Upload di Optimizilla - Online Image Compressor
Cara Upload di Optimizilla – Online Image Compressor

Setelah kamu memilih file foto yang akan dikompresi, maka proses kompresi (mengecilkan ukuran file) akan otomatis berjalan seperti pada gambar di bawah ini:

Proses Upload di Optimizilla - Online Image Compressor
Proses Upload di Optimizilla – Online Image Compressor
Proses Kompresi di Optimizilla - Online Image Compressor
Proses Kompresi di Optimizilla – Online Image Compressor

Setelah proses upload dan kompresi selesai maka kamu akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini. Pada bagian kanan gambar di bawah ini (yang saya tandai) kamu dapat menaik turunkan kualitas gambar tersebut.

Kontrol Kualitas Kompresi Foto - Optimizilla - Online Image Compressor
Kontrol Kualitas Kompresi Foto – Optimizilla – Online Image Compressor

Semakin tinggi kualitasnya maka akan semakin besar ukuran file foto tersebut, semakin rendah maka file foto tersebut ukurannya akan semakin kecil. Kamu dapat melihat ukuran file masing-masing pada bagian atas preview yang bertuliskan ‘Original: xx M’ dan ‘Compressed: 1.9M’.

Pastikan juga kamu melihat preview gambar untuk memastikan kualitas tersebut pas untuk kebutuhan digital kamu, baik website ataupun sosial media. Setelah selesai kamu dapat mengklik tombol ‘DOWNLOAD ALL’ untuk menyimpan hasil kompresi tersebut.

Download Hasil Kompresi Foto - Optimizilla - Online Image Compressor
Download Hasil Kompresi Foto – Optimizilla – Online Image Compressor

Sekian cara mengecilkan ukuran foto tanpa mengurangi kualitasnya. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Terima kasih telah membaca! ツ

Published by Fachry Ali

Saya Fachry Ali, sejak 2010 saya bekerja secara freelance untuk membantu beberapa bisnis dalam hal yang berhubungan dengan website dan SEO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

"Dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur)."
 

All the HTML5 Templates You Could Ask For.

2M+ items from the worlds largest marketplace for HTML5 Templates, Themes & Design Assets. Whether that's what you need, or you're just after a few Stock Photos - all of it can be found here at Envato Market.