Cara Menghapus Identitas Nomor pada Aplikasi Getcontact

Pada tulisan ini saya akan coba membagikan sebuah trik, yaitu cara untuk menghapus identitas nomor kita pada aplikasi call identifier, Getcontact.

Aplikasi call identifier sendiri adalah aplikasi yang bisa membuat kamu mengetahui siapa dibalik nomor asing yang menelepon ataupun mengirim pesan.

Banyak orang menggunakan aplikasi semacam ini untuk memblokir telepon atau pesan spam. Namun banyak juga yang menggunakannya untuk sekedar iseng saja.

Suka atau tidak, nomor telepon kita seringkali sudah tercantum pada aplikasi-aplikasi tersebut. Sehingga ketika kita menelepon seseorang yang menggunakan aplikasi semacam ini, maka mereka dapat mengetahui identitas kita.

Untuk sebagian orang, mungkin jika identitasnya ada pada aplikasi tersebut mereka akan biasa saja, namun untuk sebagian yang lain akan kurang nyaman karena permasalahan privasi. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Sebenarnya kita dapat menghapus identitas kita pada aplikasi call identifier seperti Getcontact. Namun cara ini kurang diedukasi kepada para penggunanya. Tentunya mereka tidak ingin data ataupun pengguna mereka berkurang.

Pada tulisan ini saya akan coba membagikan cara untuk menghapus identitas nomor kita pada aplikasi Getcontact. Yuk simak! ツ

Cara Menghapus Identitas Nomor Pada Get Contact

Untuk menghapus nomor kita pada aplikasi Getcontact sebenarnya cukup mudah, yaitu:

  1. Buka halaman http://getcontact.com/manage dari browser kamu.
  2. Setelah itu kamu akan melihat tampilan pada browser kamu, seperti gambar pertama di bawah. Selanjutnya kamu akan diminta untuk login. Kamu bisa login via Whatsapp, Telegram ataupun SMS. Namun saya sarankan menggunakan SMS agar lebih aman (menurut saya pribadi). Setelah itu kamu akan dikirimkan kode OTP untuk login. (Gambar 1 & 2)
  3. Pada langkah selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukan kode OTP yang telah dikirimkan lewat pesan tadi sebagai bentuk verifikasi. Silahkan masukan kode tersebut dan lanjutkan prosesnya. (Gambar 3)
  4. Selanjutnya jika berhasil, kamu akan melihat halaman ‘Verified’. (Gambar 4)
  5. Ketika kamu masuk, kamu akan melihat tag-tag identitas nomor kamu pada aplikasi Getcontact. Kamu bisa langsung scroll ke bagian paling bawah untuk menemukan tombol ‘Visibility Settings‘. (Gambar 4)
  6. Setelah klik tombol tersebut kamu akan melihat bahwa pengaturan ‘Search Visibility‘ kamu dalam keadaan aktif, kamu bisa mematikannya. Kamu akan melihat pop up peringatan seperti pada gambar. Pada pop up ini dijelaskan bahwa setelah di nonaktifkan, maka kemungkinan nomor kamu baru akan hilang dalam waktu paling lambat sampai dengan 3 jam dan nomor kamu akan muncul kembali pada aplikasi Getcontact ketika kamu menggunakan aplikasi tersebut lagi dengan nomor yang sama. (Gambar 5)
  7. Klik ‘Yes’ untuk mengkonfirmasi. Setelah berhasil kamu akan langsung diarahkan kembali ke halaman login. Itu tandanya proses tersebut telah berhasil dan identitas nomor kamu telah “hilang” dari aplikasi tersebut. (Gambar 6)
Halaman Login - Manage Getcontact
Login – Cara Menghapus Nomor pada Getcontact (Gambar 1)
Cara Menghapus Nomor pada Getcontact - Masukan Kode (Gambar 2)
Masukan Nomor (Gambar 2)
Masukan Kode OTP - Manage Getcontact
Masukan Kode (Gambar 3)
Nomor terverifikasi  - Manage Getcontact
Nomor Terverifikasi – Cara Menghapus Nomor pada Getcontact (Gambar 4)
Cara Menghapus Nomor pada Getcontact - Visibility Settings (Gambar 5)
Visibility Settings – Cara Menghapus Nomor pada Getcontact (Gambar 5)
Cara Menghapus Nomor pada Getcontact - Konfirmasi Hapus (Gambar 6)
Konfirmasi Hapus – Cara Menghapus Nomor pada Getcontact (Gambar 6)

Berhasil – Identias Nomor Tidak Ditemukan

Ketika identitas nomor kamu sudah tidak ada pada aplikasi Getcontact, saat orang mencarinya maka mereka akan melihat pop up peringatan seperti pada screenshot di bawah ini:

Identitas nomor tidak dapat dibagikan oleh Getcontact

Sekian trik yang saya bagikan kali ini.

Jangan lupa juga untuk menggunakan VPN demi keamanan ekstra ketika berselancar di internet! Kamu bisa menggunakan NordVPN.

Oh ya, apa kamu pernah memiliki pengalaman menarik tentang aplikasi ini? Coba ceritakan lewat kolom komentar di bawah ini ya! ^^

Terima kasih telah membaca. Sampai ketemu lagi pada tulisan saya yang lainnya!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *