Cek Kecepatan Website Kamu dengan 4 Tools ini



Pada tulisan ini saya akan coba membahas beberapa tools yang dapat kamu gunakan untuk cek kecepatan website kamu.

Memeriksa kecepatan website yang kamu miliki merupakan hal yang penting. Dengan memeriksanya kamu bisa menemukan permasalahan-permasalahan yang mungkin membuat website kamu lambat.

Seperti yang kamu tahu, bahwa mengunjungi website yang lambat amatlah menjengkelkan. Tidak segan-segan kita menutup website tersebut lalu mencari alternatif website lain.

Sebagai pemilik website tentunya kamu tidak ingin ditinggalkan para pengunjung web kamu, kan?

Yuk kenalan dengan beberapa tools yang dapat digunakan untuk memeriksa kecepatan website! ツ

#1 Google PageSpeed Insights

Tampilan Google PageSpeed Insights
Tampilan Google PageSpeed Insights

Pada urutan pertama saya meletakan Google PageSpeed Insights yang merupakan alat resmi dari Google untuk cek kecepatan website. Kamu dapat mengaksesnya pada: https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

Cara menggunakannya sangat mudah. Kamu cukup memasukan URL website kamu yang ingin diperiksa dan klik tombol ‘ANALYZE’.

URL website kamu tidak harus domain saja seperti: https://fbajri.com. Namun kamu juga bisa memeriksa halaman tertentu secara spesifik, contohnya seperti https://fbajri.com/cara-membuat-website/

Hasil Cek Kecepatan Website di Google PageSpeed Insights
Hasil Cek Kecepatan Website di Google PageSpeed Insights

Dari hasil tes kecepatan tersebut kamu dapat memeriksa hal-hal apa saja yang diberi peringatan ditandai dengan warna kuning, ataupun hal-hal yang wajib diperbaiki dengan tanda warna merah.

Kamu juga dapat memeriksa versi kecepatan mobile ataupun desktop dengan memilih tab yang terletak pada bagian kiri atas.


#2 GTmetrix

Cek Kecepatan Website pada GTmetrix
Cek Kecepatan Website pada GTmetrix

Selanjutnya saya meletakan GTmetrix sebagai alat ukur kecepatan website pada posisi kedua. Hal ini karena GTmetrix sudah umum digunakan untuk cek kecepatan website karena hasil yang diberikan cukup akurat.

Kamu dapat menggunakan GTmetrix dengan mengaksesnya lewat: https://gtmetrix.com/.

Untuk mulai menggunakannya kamu bisa langsung memasukan URL website kamu yang ingin diperiksa kecepatannya.

Setelah itu kamu akan melihat tampilan pada layar seperti gambar di bawah ini yang menampilkan status analisa kecepatan website kamu, beserta server dan browser yang digunakan untuk mengukurnya.

Proses Analisa Kecepatan Web pada GTmetrix
Proses Analisa Kecepatan Web pada GTmetrix

Setelah selesai, kamu akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini. Disini kamu dapat melihat skor kecepatan website kamu dari segi performa ataupun struktur.

Kamu juga dapat melihat skor indikator vital kecepatan website kamu pada sisi kanan.

Hasil Tes pada GTmetrix
Hasil Tes pada GTmetrix

Salah satu kelebihan GTmetrix adalah kita dapat mengunduh hasil pemeriksaan kecepatan web kita dalam format PDF.

Jika kamu ingin mengunduhnya, pada tampilan seperti gambar di atas kamu dapat klik tombol ‘Download PDF’ yang terletak pada sisi kanan layar.


#3 Cek Kecepatan Website dengan web.dev Google

Tampilan measure web.dev Google
Tampilan measure web.dev Google

Alat ukur kecepatan web yang satu ini bisa dibilang masih baru namun paling lengkap daripada PageSpeed Insights dan juga GTmetrix.

Hal ini karena web.dev tidak hanya mengukur performa website, namun juga mengukur Accessibility dan SEO.

Selain itu web.dev juga akan memberikan saran untuk memandu kamu menyelesaikan permasalahan kecepatan web kamu.

Untuk menggunakan web.dev kamu dapat mengaksesnya pada: https://web.dev/measure/ dan ketikan URL web kamu yang ingin diukur kecepatannya.

Kemudian klik tombol ‘Run Audit’.

Hasil Audit Web pada Google web.dev
Hasil Audit Web pada Google web.dev

Pada layar hasil audit seperti gambar di atas, kamu hanya melihat rangkumannya saja.

Untuk mengetahui secara mendetail kamu dapat mengklik link ‘View Report’ yang terletak di bawah URL kamu.

Kelebihan Google web.dev adalah kita dapat menyimpan URL yang telah kita audit dengan login dengan akun Google terlebih dahulu. Sehingga setelah memperbaikinya, kita dapat melihat perkembangan kecepatan URL tersebut.


#4 Mobile Speed Test Google – Tes Kecepatan Website pada Smartphone

Tes Kecepatan Website pada Smartphone dengan Test My Site Google
Tes Kecepatan Website pada Smartphone dengan Test My Site Google

Pada urutan terakhir saya meletakan Test My Site Google yang berfokus pada kecepatan website pada perangkat mobile seperti smartphone, tablet dan sejenisnya.

Hal ini penting karena sebagian besar pengguna internet sekarang ini menggunakan smartphone untuk mengakses internet. Oleh karena itu hampir pasti website kamu juga dikunjungi lewat perangkat mobile.

Untuk menggunakannya kamu dapat mengakses: https://www.thinkwithgoogle.com/feature/testmysite/ dan masukan URL web kamu.

Silahkan tunggu proses analisa kecepatan tersebut dan setelah itu kamu akan melihat laporan seperti ini pada layar kamu:

Hasil Test My Site Mobile Google
Hasil Test My Site Mobile Google

Dari hasil tersebut, kamu dapat melihat rangkuman apa saja yang perlu diperbaiki pada website kamu, agar dapat diakses dengan cepat lewat perangkat mobile.

Kamu juga dapat melihat laporan lebih detail lagi dengan klik tombol ‘Get your full report’ pada bagian kanan atas layar. Namun kamu akan diminta memberikan beberapa detail informasi terlebih dahulu untuk mendapatkan laporan penuh tersebut.


Kesimpulan

Nah, keempat tools tadi dapat kamu gunakan untuk mengukur kecepatan web kamu. Pastikan kamu mencobanya semua ya agar dapat membandingkan mana yang terbaik.

Dalam memperbaiki kecepatan website, hal yang pasti harus diubah biasanya yang berkaitan dengan file ataupun gambar. Biasanya berkaitan dengan struktur file pada header website, ataupun gambar yang belum dikompresi.

Untuk mengkompresi gambar, kamu dapat melihat panduan yang saya tulis disini.

Jika kamu pengguna WordPress, kamu mungkin mencoba plugin-plugin yang saya rekomendasikan pada tulisan ini. Karena beberapa plugin tersebut berkaitan dengan kecepatan website.

Jika permasalahan kecepatan web kamu berkaitan dengan server, maka saya sarankan untuk mempertimbangkan mengganti layanan hosting.

Ada dua hosting yang saya rekomendasikan yaitu Hostinger dan Bluehost. Keduanya memiliki server yang sangat cepat, serta dikelola dengan baik.

Terima kasih telah membaca! Jika kamu memiliki komentar ataupun saran silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini ya.

Sampai ketemu lagi pada tulisan saya yang lainnya ya! ^^



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *