Pengertian eCommerce dan Kelebihannya

Pada tulisan ini saya akan coba untuk membahas mengenai pengertian eCommerce beserta kelebihannya.

Tentunya sekarang ini kamu sering mendengar istilah eCommerce, bahkan sedikit mengerti akan konsep yang dimaksud. Disini saya akan coba menjabarkannya lebih jauh lagi.

Yuk mari bahas mengenai pengertian eCommerce dan kelebihannya lebih jauh lagi!

Apa itu E-Commerce?

Sebelum membahas lebih jauh tentang eCommerce, mari sebelumnya bahas mengenai definisi e-commerce itu sendiri.

Mengutip dari Wikipedia Indonesia tentang pengertian eCommerce, yaitu:

“E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.”

Hal ini berarti bahwa sebuah website yang diperuntukan untuk eCommerce adalah website dimana sebagian besar transaksi jual-beli terjadi.

Maksudnya adalah sebagian besar proses transaksi dilakukan di dalam website. Walaupun di Indonesia sendiri kadang proses pembayaran sebagian masih terjadi di luar website tersebut.

eCommerce atau Online Shop?

Istilah ‘Online Shop’ mungkin lebih sering terdengar daripada eCommerce. Namun pada penerapannya, istilah online shop / toko online terkadang memiliki arti yang berbeda dengan eCommerce itu sendiri.

Jika melihat perkembangan website di Indonesia, istilah online shop seringkali merujuk pada toko online yang sebenarnya hanya menampilkan katalog produk.

Proses transaksinya sendiri masih manual dengan menghubungi penjual untuk melakukan pemesanan, sehingga belum bisa disebut sebagai eCommerce.

Hal ini berbeda dengan pengertian eCommerce itu sendiri, dimana pembeli bisa melakukan pemesanan hingga pembayaran di dalam website, tanpa harus berinteraksi langsung dengan penjual.

Sehingga istilah eCommerce dan toko online di Indonesia memiliki definisi yang sedikit berbeda.

Kelebihan Menggunakan Website eCommerce

Sebagai pertimbangan, jika kamu masih bingung untuk membuat website katalog toko online atau eCommerce untuk bisnis kamu, berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan website eCommerce untuk menjual produk:

Data Produk

Salah satu kelebihan menggunakan website E-Commerce adalah pendataan. Sehingga data produk yang kamu tawarkan pada web akan lebih lengkap.

Mulai dari stok produk, SKU, berat produk, dimensi produk, harga produk dan lainnya tersedia pada sistem eCommerce.

Dengan begitu kamu bisa memeriksa stok produk dan mengaturnya lewat website. Hal ini akan mempermudah proses pendataan produk secara manual yang umumnya dilakukan.

Contohnya, jika kamu memasukan data stok produk, ketika produk habis maka produk tersebut tidak dapat dibeli lagi oleh pelanggan pada website.

Proses perhitungan ongkos kirim pun akan lebih akurat pada eCommerce. Karena setiap produk memiliki berat yang akan dikalikan dengan biaya ongkos kirim ekspedisi tertentu.

Data Pelanggan

Dengan menggunakan website eCommerce, kamu dapat mudah mendata pelanggan.  Sehingga kamu dapat menggunakannya untuk tujuan promosi dan sejenisnya.

Dari sisi pelanggan, adanya data ini juga memudahkan mereka untuk melakukan pembelian ulang. Jadi pembeli tidak perlu memasukan lagi detail informasi pengiriman dan pembayaran berkali-kali.

Penjual juga dapat mengirimkan newsletter secara berkala ketika ada promosi yang sedang diselenggarakan ataupun adanya produk terbaru.

Namun tentunya karena data pelanggan bersifat sensitif, pihak penjual harus memiliki halaman ‘Kebijakan Privasi’ (Privacy Policy) yang akan menjelaskan dengan sangat jelas apa yang akan dilakukan dengan data-data yang pelanggan tersebut.

Transaksi Semi-Otomatis / Otomatis

Dengan menggunakan website eCommerce, penjual dapat mengelola transaksi yang terjadi di dalamnya secara semi-otomatis ataupun otomatis.

Maksud dari transaksi semi-otomatis adalah pembeli melakukan pemesanan lewat website, namun penjual tetap harus memeriksa pembayarannya secara manual pada sistem web.

Setelah itu penjual harus mengubah status pemesanan secara manual, walaupun nantinya email konfirmasi dan lainnya secara otomatis terkirim ke pembeli.

Sementara transaksi otomatis adalah transaksi keseluruhan bersifat otomatis dari mulai pembelian, pembayaran, hingga konfirmasi pembayaran.

Penjual hanya cukup menunggu pembeli yang sudah membayarkannya, kemudian mengemas barang yang dipesan pembeli tersebut. Contohnya bisa dilihat pada marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan sebagainya.

Menurut saya pribadi, menggunakan web eCommerce dengan sistem semi-otomatis juga bagus.

Hal ini akan membiasakan kamu untuk mengenali sistem tersebut dan mencegah terjadinya error. Walaupun nantinya jika transaksi harian pada web tersebut sudah cukup banyak, web tersebut dapat dikembangkan menjadi otomatis secara penuh.

Newsletter

Salah satu kelebihan menggunakan website eCommerce juga adalah tentang bagaimana menjalin hubungan antara penjual dan pembeli secara langsung.

Dengan memanfaatkan data pelanggan yang terdaftar, penjual dapat mengirimkan email newsletter. Mungkin mengenai promosi, produk terbaru ataupun sekedar menyapa pembeli.

Newsletter dapat menjadi media komunikasi yang efektif antara penjual dan pembeli.

Sebagai pelanggan sebuah website eCommerce tentu kamu tahu bahwa menerima email newsletter terkadang mengganggu. Tak jarang juga kita langsung menghapus email tersebut tanpa membukanya terlebih dahulu.

Tetapi sadar atau tidak, brand dari eCommerce tersebut telah melekat pada kesadaran kita, sehingga suatu kali kita mendapatkan email yang isinya menarik, kamu tidak ragu untuk membeli pada eCommerce tersebut.

Mengirimkan newsletter yang rutin kepada pelanggan juga menjadi suatu tanda bisnis dikelola dengan baik.

Selain itu newsletter juga menjadi sarana yang efektif untuk menawarkan promosi karena pihak pelanggan merasa tidak harus merespon penawaran tersebut dengan terburu-buru ataupun memaksa. Seperti telemarketing contohnya.

Data Transaksi

Hal lain yang menjadi kelebihan menggunakan sistem eCommerce adalah data transaksi.

Biasanya website eCommerce sudah dilengkapi dengan beberapa fitur rangkuman transaksi yang terjadi pada website tersebut. Seperti total penjualan, sisa stok dan masih banyak lagi.

Untuk beberapa eCommerce bahkan bisa menghitung data keuntungan secara spesifik.

Dengan fitur-fitur tambahan ini, pihak penjual diberikan kemudahan dalam banyak hal.

Selain kelebihan website eCommerce yang saya jabarkan di atas, tentunya masih banyak lagi kelebihan lainnya.

Banyak juga kemungkinan pengembangan yang bisa kamu lakukan pada web eCommerce terlepas dari apapun platform yang digunakan.

Setiap kemungkinan pengembangan platform eCommerce biasanya terjadi karena kebutuhan para pelanggan.

Demikian pengertian eCommerce beserta kelebihannya yang saya sampaikan.

Jika kamu tertarik untuk membuat website eCommerce, kamu dapat membacanya pada tulisan saya:

Panduan Lengkap Membuat Website eCommerce

Terima kasih telah membaca! Sampai ketemu lagi pada tulisan saya yang lainnya ya! ^^


Sumber gambar unggulan: Designed by Freepik



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WooCommerce