Pengertian SEO dan Cara Mempelajarinya

Pada tulisan ini saya akan coba menjelaskan mengenai pengertian SEO, teknik dan bagaimana cara mempelajarinya. Pembahasan dasar ini cocok bagi kamu yang ingin mengenal dasar-dasar SEO dan ingin mempelajarinya.

SEO sudah menjadi bagian perbincangan sehari-hari dalam dunia digital sekarang ini. Walaupun begitu masih banyak orang yang belum memahami ataupun mengenal SEO dengan jelas.

Dengan mengenal dasar dari SEO, saya berharap kita bisa mempelajari, menerapkan serta memanfaatkan hal ini untuk keperluan masing-masing.

Sebenarnya apa sih SEO itu? Yuk kita mulai! ツ

apa itu SEO?

Apa itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, dalam bahasa baku Indonesia disebut sebagai Pengoptimalan Mesin Telusur.

Selain itu, profesional yang menekuni bidang ini juga disebut SEO, namun kepanjangannya merupakan Search Engine Optimizer.

Secara pengertian, setiap pelaku SEO memiliki definisi yang berbeda-beda, namun secara garis besar SEO merupakan sebuah langkah mengoptimalkan sebuah website agar lebih mudah terindeks pada mesin pencari seperti Google, Bing, DuckDuckGo dan sejenisnya.

Website yang dimaksud disini baik dalam bentuk website pribadi ataupun platform (sosial media, youtube dan marketplace).

Karena sekarang ini banyak orang menerapkan SEO bukan hanya untuk website saja, melainkan juga sosial media mereka. Seperti menerapkan SEO pada Youtube, ataupun toko mereka di marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan sebagainya.

Cara Kerja SEO

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Dalam prosesnya SEO bisa disederhanakan dalam 3 tahapan, yaitu:

  • Crawling (Perayapan)
  • Pengindeksan
  • Penayangan dan Pemberian Peringkat

Crawling merupakan sebuah proses dimana search engine seperti Google meng-crawl (merayap) sebuah website dan mengumpulkan informasi yang ada di dalamnya.

Pengindeksan merupakan sebuah proses dimana search engine memahami dan menganalisis isi dari sebuah website yang di-crawl tadi. Baik dari segi konten, kecepatan dan lain sebagainya yang kemudian akan disimpan pada server mesin pencari.

Penayangan merupakan proses dimana search engine menampilkan hasil pengindeksan tadi. Hasil indeks website ditayangkan pada mesin telusur berdasarkan kata kunci yang diketikan oleh para penggunanya. Indeks tadi ditampilkan dengan urutan berdasarkan kualitas dan faktor-faktor yang berhubungan dengan SEO.

Kamu dapat membaca lebih lanjut mengenai hal ini pada Cara Kerja Google Penelusuran.


3 Jenis SEO

3 Jenis Faktor Dasar SEO

Secara garis besar faktor SEO dapat dibagi dalam 3 jenis, yaitu:

On-Page SEO

On-Page SEO secara harafiah diterjemahkan sebagai SEO dari dalam. Maksudnya adalah dari dalam sebuah website, seperti kualitas konten, jenis konten dan sejenisnya.

SEO On-Page meliputi:

  • Keywords Research: Proses mencari kata kunci potensial yang mendatangkan traffic.
  • Pembuatan Konten: Proses dimana kita membuat konten (baik tulisan ataupun gambar / video) berdasarkan topik dari kata kunci potensial tadi.
  • Keywords Optimization: Proses dimana kita mengoptimalkan kata kunci-kata kunci yang kita targetkan pada konten tersebut.

Istilah Keywords Optimization berbeda dengan Keyword Stuffing yang umumnya sering kita lihat pada banyak website.

Sementara Keywords Stuffing adalah trik menjejalkan kata kunci-kata kunci yang ditargetkan pada sebuah konten. Walaupun kata kunci tersebut tidak serirama dengan konten. Dengan harapan mesin pencari akan memberikan peringkat tinggi untuk halaman tersebut. Hal ini merupakan pemahaman yang salah mengenai SEO.

Penerapan Keywords Optimization yang baik adalah menuliskan kata kunci secara natural dalam sebuah konten dalam berbagai sinonim dan juga pengertian yang sama. Tentunya sesuai dengan konten dan topik terkait.

Off-Page SEO

Off-Page SEO diterjemahkan secara harafiah yaitu hal-hal yang berkaitan dengan SEO yang sumbernya dari luar. Maksud dari luar disini adalah dari website lain.

Off-Page SEO meliputi backlinks, yaitu link yang mengarah ke website kita.

Sesederhana itu, namun pada penerapannya teknik Off-Page SEO ini agak rumit karena kita memerlukan strategi untuk membangun backlink dari website lain yang mengarah ke website milik kita.

Semakin banyak backlink yang mengarah ke website kita akan semakin baik namun dengan catatan link tersebut bersumber dari website yang relevan (topik yang sama ataupun beririsan).

Dengan banyaknya link yang mengarah ke website kita, hal ini akan memberikan sinyal pada search engine bahwa website kita memiliki otoritas dan kredibilitas.

Dampaknya peringkat halaman website kita akan naik pada mesin telusur tersebut.

Technical SEO (SEO Teknis)

Technical SEO merupakan teknik SEO yang sifatnya teknis dan tidak berhubungan dengan konten. Hal ini meliputi faktor teknis dalam suatu website seperti:

  • Kecepatan Loading Website
  • Keamanan Website
  • Mobile-friendliness (Kemudahan website kita diakses dari perangkat mobile)
  • Pengindeksan (Data indeks halaman-halaman yang ada di website)
  • Site architecture (Susunan struktur dan keterhubungan halaman-halaman yang ada di website)
  • Crawlability (Kemudahan website kita di-crawl (dirayap) oleh bot mesin pencari)

Bisa dibilang Technical SEO merupakan proses yang juga kompleks namun tetap penting untuk diperhatikan.

SEO yang bersifat teknis ini seringkali dilewatkan oleh para pemilik website.

Namun jika yang kamu ingin optimalkan adalah toko kamu pada marketplace ataupun Youtube, kamu tidak perlu memikirkan Technical SEO ini karena hal-hal teknis sudah diatur oleh platform tersebut.

Untuk memeriksa kecepatan website kamu, saya pernah menuliskan alat pendukung untuk mengukurnya disini.

dimana belajar seo?

Sumber Belajar SEO

Untuk mempelajari SEO secara lengkap kamu dapat mengikuti kursus online dari Udemy mengenai Fundamental SEO disini:

The Complete Beginners SEO Course – Learn SEO Fundamentals!

Selain itu, kamu juga dapat membaca panduan-panduan SEO ini secara gratis:

Bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari SEO marketplace seperti Tokopedia dan Shopee, kamu dapat juga mempelajarinya disini:

Menurut saya pribadi, mempelajari SEO adalah hal pertama, namun karena SEO merupakan industri yang terus berubah kamu juga dapat mengikuti blog-blog yang membahas SEO secara rutin seperti:


Demikian sedikit dasar tentang pengertian SEO ini saya jelaskan.

Jika dirasa ada yang belum cukup jelas ataupun ada informasi yang masih kurang lengkap pada tulisan saya, kamu bisa menambahkannya pada kolom komentar di bawah ini ya.

Terima kasih telah membaca! Sampai bertemu lagi pada tulisan-tulisan saya yang lainnya! ^^


Bantu saya untuk terus mengembangkan blog ini dengan melakukan donasi lewat tombol di bawah ini:



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *